Hubungi Customer Service Kami Di +62 (022)-8752-3567

Water Meter Test Benches – Test Bench Meteran Air – Alat Kalibrasi Meteran Air

Water meter test benches / Test Bench Meteran Air (alat uji kalibrasi meter air) merupakan alat yang digunakan untuk memverifikasi atau menguji kebenaran meter air dan menentukan perhitungan kesalahan. Peralatannya dapat dibangun dari mesin operasi manual yang sederhana maupun kompleks hingga mesin berteknologi tinggi yang didesain dengan kontrol otomatis dan penunjang IT. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai uji kalibrasi meter air.

Referensi Volumetric

Terdapat 3 opsi, tank kalibrasi (metode volumetric), reference flowmeter (metode komparatif) atau skala weighing (metode gravimetric). Pertama, tank kalibrasi merupakan suatu proses menentukan kapasitas tangki. Dapat dikatakan, calibration tank bertujuan untuk mengukur tangki penyimpanan, tangki bulat, peluru horisontal, tong-tong, tongkang, kontainer curah air, dan kapal tangki. Pengukuran ini berguna bagi perhitungan grafik kalibrasi karena mampu memberikan dimensi yang diperlukan.

Tangki harus dilakukan kalibrasi secara berkala. Umumnya kalibrasi tangki dilakukan selama interval 5 tahun, tidak lebih. Mengapa? Pertama, tekanan hidrostatis air dan perubahan suhu dapat menyebabkan ekspansi atau kontraksi kerang tangki. Kedua, terjadi perubahan densitas produk. Hal ini akan mempengaruhi aspek tangki yang meliputi karakter ekspansinya. Ketiga, Direktorat Metrologi Legal secara resmi telah mengatur hal ini. Alasan selanjutnya ialah terjadinya re-lokasi tangki dan berubahnya ketebalan plat tangki.

Adaptor dan separator

Adaptor pada water meter available untuk instalasi atau pemasangan class “D” meter. Cocok sebagai primary charging meter atau charger utama. Separator adalah sebuah volume meter yang terpasang pemisah di dalamnya. Pemisah (separator) ini dapat memisahkan gas, minyak, dan air. Terdapat dua fase unit dan tiga fase unit yang masing-masing memiliki kemampuan berbeda.

Dua fase unit separator dapat memisahkan minyak dan gas, sedangkan tiga fase unit bisa memisahkan minyak, gas, dan air. Dari ketiga entitas / elemen ini, hanya elemen liquid yang bisa diukur, yaitu air dan minyak. Dengan kata lain, alat ini bukan hanya pemisah ketiga macam unsur tersebut, melainkan juga dapat mengukur ketiganya melalui volume meter yang sudah terinstal. Metering separator mampu mengerjakan tugasnya dengan aliran / gelombang yang baik.

Aksesori Pilihan

Aksesoris water meter meliputi benda yang mendukung penggunaan peralatan water meter test benches, seperti EBRO meter cover, adaptor, woltman pulse transmitter, connector with joint. EBRO meter cover bentuknya bulat seperti tutup botol dengan nomor referensi 6045. Beratnya sekitar 0,034 kg. Selanjutnya adaptor, bentuknya seperti cincin kuningan.

Woltman pulse transmitter berfungsi sebagai kabel penghubung (transmitter) dengan 2 wire kabel. Panjangnya bisa mencapai 1,5 meter. Berat hanya 0,025 kg. Aksesori berikutnya ialah connector with joint. Bentuknya bulat memanjang berlubang seperti pipa. Beratnya kurang lebih 0,082 kg, nomor referensi 6038.

Produk Test Bench Yang Tersedia

Jenis-Jenis Water Meter

Water Meter Flowindo Tipe LXSG 15B

Tipe ini mempunyai dua macam bahan dan berat yang berbeda. Yang pertama, materi terbuat dari kuningan (Brass). Ukuran sekitar 15 mm. Water meter tipe ini memiliki berat kurang lebih 1,1 kg. Flow rate maksimal 3 m3/h.

Yang kedua terbuat dari plastik (ABS). Ukurannya sama, yaitu 15 mm. Beratnya lebih ringan, yaitu sekitar 0,5 kg. Flow rate-nya sama dengan tipe water meter bahan kuningan.

– Water Meter Amico tipe LXSG 15-40E

Water meter tipe Amico terbuat dari bahan cast iron / Brass. Ukurannya lebih panjang dari tipe Flowindo, yaitu kurang lebih 15 sampai 40 mm. Karena terbuat dari besi, beratnya bisa mencapai 4,5 kg. Flow rate maksimum sekitar 3 hingga 20 m3/h.

– Water Meter Amico Tipe LXSG 15 E

Berbeda dari Amico tipe LXSG 15-40E, tipe ini memiliki ukuran lebih kecil dan berat lebih ringan. Hal tersebut dipengaruhi oleh materi pembuatannya. Plastik ialah bahan utama tipe Amico 15E. maka dari itu beratnya hanya setengah kilogram dengan flow rate maksimal 3 m3/h.

– Water Meter Amico Tipe LXSG 50 E

Ada satu lagi jenis Amico LXSG, yaitu tipe 50E. Terbuat dari bahan cast iron. Karena terbuat dari besi, maka wajar jika beratnya pun di atas rata-rata, yaitu sekitar 13 kg. Ukuran panjangnya kurang lebih 50 mm dengan maksimal flow rate 30 m3/h.

– Water Meter Amico Induk Tipe LXLG

Kali ini adalah Amico tipe LXLG yang mempunyai ukuran melebihi sebelumnya, yaitu 80 – 400 mm. Tak berbeda dari LXSG 50E, water meter Amico tipe ini terbuat dari materi cast iron / brass. Maksimum flow rate sekitar 80 – 2000 m3/h. Beratnya jauh di atas yang lain, berkisar antara 20 hingga 207 kg.

– Water Meter ONDA Tipe BWMO

Body material terbuat dari Brass dengan ukuran 15 mm. Berat ONDA tipe SWMO ini hanya 1 kg. Flow rate-nya 3 m3/h. Sedangkan nominal flow rate sebesar 1,5 m3/h.

– Water Meter SENSUS untuk air dingin (cold water) Tipe WP-Dynamic

Bahan utama pembuatan Water meter SENSUS ialah cast iron. Beratnya sekitar 7,4 – 187 kg. Ukurannya melebihi rata-rata tipe yang lain, yaitu berkisar antara 40 – 400 mm. Flow rate maksimal antara 30 sampai 2000 m3/h, sedangkan nominal flow rate 15 sampai 1000 m3/h. Temperature mencapai 50 derajat.

– Water Meter SENSUS untuk Air Panas (Hot Water) Tipe WP-Dynamic

Sama seperti SENSUS cold water, bahan pembuatan tipe ini adalah cast iron. Panjang dan beratnya pun sama, yaitu masing-masing 40 – 400 mm dan 7,4 – 187 kg. Maksimal flow rate 30 hingga 1.200 m3/h. Nominal flow rate-nya berkisar antara 15 hingga 600 m3/h. Suhu mencapai 130 derajat.

– Water Meter Bestini Tipe LXSG 15E

Bahan utama body water meter Bestini adalah Brass. Ukurannya sekitar 15 mm dan berat 1,8 kg. Max flow rate antara 3 – 20 m3/h, sedangkan nomial flow rate-nya 1,5 – 10 m3/h.

– Water Meter INCO METER Tipe IMB 15

Selanjutnya, INCO METER tipe IMB 15 memiliki body material yang terbuat dari brass. Beratnya mencapai 1,2 kg. Ukurannya hanya 15 mm. Max flow rate dan nominal flow rate masing-masing 3 – 20 m3/h dan 1,5 – 10 m3/h.