Hubungi Customer Service Kami Di +62 (022)-8752-3567

Meter Air – Meteran Air Digital – Water Meter – Alat PAM - Alat PDAM

Meter Air Digital / Electronic Water Flow Meter adalah alat untuk mengukur aliran air. Meter Air – Meteran Air Digital dibuat Untuk menggantikan fungsi dari meter jenis mekanik yang sudah ketinggalan jaman. Selain itu untuk meningkatkan kinerja dan hasil yang lebih baik dari meter mekanik. Banyak fabrikan yang sudah membuat meter jenis ini dengan berbagai versi sebagai alternative pilihan bagi perusahaan pengguna meter air, tetapi kebanyakan dari industry meter tersebut semula hanya mengembangkan meter elektromekanik yaitu meter air masih menggunakan mekanik tetapi dengan registeter elektronik (digital).

Hanya ada tiga jenis yang benar-benar meter elektronik yaitu

  • Elektromagnetik meter

Meter ini jenis pertama yang menggunakan non mekanik dalam prinsip kerjanya. Pada awalnya meter jenis ini membutuhkan power yang besar sehingga harus menggunakan tenaga listrik. Pada perkembangan selanjutnya meter air ini menggunakan tenaga battery untuk meter yang berukuran kecil, pada ukuran 2” ke atas masih menggunakan tenaga listrik. Tingkat akurasi meter mecapai ­+ 0,25 %.

  • Fluidic Osilasi meter (smartmeter)
Fluidic Osilasi meter

Smartmeter menunjukan hasil pengukuran yang akurat hingga batas usia meter. Dengan tidak adanya bagian yang bergerak, smartmeter tidak terkena dampak negatif dari adanya pasir sehingga terhindar dari masalah ketidak akuratan dibanding dengan menggunakan mekanikal.

SmartMeter memiliki teknologi yang canggih dengan dengan tingkat pembacaan akurasi tinggi dan dapat memeperpanjang usia meter dengan cara mengganti baterai meter.

SmartMeter menyediakan meter yang bisa dibaca secara langsung atau dalam format AMR (Automatic Meter Reading) yang menggunakan teknologi induktif, radio frekwensi atau segala bentuk teknologi pembacaan meter otomatis yang saling terhubung melalui aplikasi meter dengan sistem kode atau pulsa. Selain membaca dan merekam jumlah volume air yang dikonsumsi, smartmeter memiliki fasilitas pemantauan yang unik, memungkinkan meter untuk mendeteksi adanya perusakan (tamper), periode konsumsi secara terus menerus (24 jam), waktu adanya pemakaian ataupun tidak, adanya udara dalam pasokan dan status baterai.

Meter ini jenis pertama yang menggunakan non mekanik dalam prinsip kerjanya. Pada awalnya meter jenis ini membutuhkan power yang besar sehingga harus menggunakan tenaga listrik. Pada perkembangan selanjutnya meter air ini menggunakan tenaga battery untuk meter yang berukuran kecil, pada ukuran 2” ke atas masih menggunakan tenaga listrik. Tingkat akurasi meter mecapai ­+ 0,25 %.
Udara yang lewat dalam sistem dapat dideteksi, sehingga tidak memasukan jumlah tersebut kedalam sistem. SmartMeters telah dirancang sedemikian rupa sehingga tahan terhadap tamper.
Jika aliran air tidak berhenti untuk jangka waktu yang telah ditentukan, periode waktu bisa ditambah sehingga paket data bisa diperpanjang.
Dalam situasi dimana meter terus menghitung, dan meningkat setelah pembacaan dilakukan, petugas dapat menyimpulkan bahwa ada kebocoran air didalam sistem.
Sistem akan memberitahu sisa usia baterai 12 bulan sebelum habis. Dengan mengganti baterai maka akan memperpanjang usia meter tanpa harus mengganti meter atau nomer seri meter.

  • Ultrasonic meter

Sebuah velocity flow meter akan terus mengukur baik elevasi atau kecepatan aliran pada saluran terbuka atau pipa untuk menghitung air yang lewat. Sensor ultrasonik dipasang di bagian bawah dari pipa atau saluran. Untuk mengukur elevasi air sensor memancarkan pulsa ultrasonik yang berjalan melalui air dan mencerminkan dari permukaan cairan. Instrumen mengukur waktu yang diperlukan suara untuk kembali ke sensor. Berdasarkan kecepatan suara dalam air, elevasi diukur dengan akurasi ± 0,25%.

Kecepatan aliran diukur dengan sinyal Doppler ultrasonik yang terus menerus disuntikkan ke dalam air. Suara dengan frekuensi tinggi mencapai 640 KHz tercermin kembali ke sensor dari partikel atau gelembung tersuspensi dalam cairan. Jika fluida bergerak, kembali suara pada frekuensi diubah proporsional dengan kecepatan aliran. Dengan teknik ini instrumen dapat mengukur kecepatan gerak aliran dengan akurasi ± 2%. Kecepatan Aliran Meter bekerja di saluran sebagian penuh dan surcharged pipa, persegi panjang, trapesium dan berbentuk telur.

Compound Water Meter (Meter Air Kombinasi)

  • Standard Compound

Meter air kombinasi merupakan gabungan 2 buah meter air untuk mengakomodasi adanya 2 aliran ekstrim yang melalui satu buah pipa, tergantung besarnya pemakaian air oleh pelanggan. Meter ini bisa membaca pada Qmin untuk pemakaian rumah tangga (domestic) dan flow tinggi Qmax pada meter type waltman yang biasa terpasang di pelanggan industry.

  • Fire Service

Secara prinsip meter jenis ini hampir sama dengan jenis standard, hanya penggunaan meter jenis ini lebih mengarah kepada sistem pemadam kebakaran pada suatu gedung, gudang, hotel, rumah sakit, apartment atau pusat perbelanjaan dengan sistem sprinkler sehingga air dapat keluar dengan segera dalam waktu yang sangat cepat.

Pada aliran rendah air akan lewat melalui meter kecil dan ketika aliran pada pressure maka detector check valve secara otomatis akan terbuka. Kondisi ini bisa terjadi contohnya pada saat sistem pemadam kebakaran sprinkler saat bekerja. Saat tekanan air berkurang maka detector check valve akan menutup dan mengalihkan aliran pada meter yang kecil.

Berbagai macam jenis meter masih terlalu banyak untuk ditampilkan. Ada meter jenis basah, kering dan semi kering belum lagi ada smart meter, kemudian meter pra bayar dan lain-lain. Tentunya hal tersebut sangat menarik untuk ditampilkan. Pembahasan secara mendalampun rasanya butuh waktu lama dan rasanya bukan maksud dari blog ini dibuat. Penulis hanya menampilkan bagian luarnya saja dari beberapa macam meter tersebut untuk memperkaya wawasan kita.

Kitapun sadar bahwa teknologi terus berkembang, para pabrikan meter terus berlomba untuk membuat dan menciptakan meter baru dengan teknologi yang mutakhir. Kita para user meter air tinggal menunggu hal-hal yang baru tersebut dibuat untuk kita pakai sehingga kita dapatkan manfaat sebesar-besarnya.

Cara Membeli Meteran Air Digital di Toko Kami

Jika anda berminat untuk membeli untuk membeli meteran air Digital silahkan hubungi cutomer service kami di :
No. Tlp : +62 (022)-8752-3567
 
Atau anda bisa langsung datang ke alamat kantor kami di :
“Jalan Adi Flora Raya No.21, Rancabolang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40295”