Hubungi Customer Service Kami Di +62 (022)-8752-3567

Leak Detector XLT-30 by Fisher / Alat Pendeteksi Kebocoran Air

Leak Detector XLT30

Water Leak Detector

  • Pengertian

Leak detector merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mendeteksi suatu kebocoran dari berbagai macam benda atau alat seperti pipa, AC dan lain-lain. Tentunya alat yang satu ini sangat berguna dan mempermudah kerja untuk mendeteksi suatu kebocoran. Jika jaman dulu untuk mendeteksi kebocoran pipa menggunakan cara yang sangat tradisional yaitu dengan air dan sabun untuk menemukan titik kebocoran sekarang hanya dengan leak detector saja bisa langsung menemukan titik kebocoran tanpa metode yang sulit dan tentunya sangat mudah dan praktis.

Tentu dengan seiring berkembangnya teknologi cara mendeteksi kebocoran sangatlah mudah dan bisa mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang buruk dengan sangat cepat. Sebelum ada leak detector, kebocoran masih sangat sulit untuk dideteksi dan memerlukan beberapa metode terlebih dahulu yang tentunya rumit dan sedikit memakan waktu. Tentu hal tersebut tidak efektif dan juga tidak efisien. Dengan adanya leak detector maka benda-benda atau alat-alat yang mengalami kebocoran bisa langsung dideteksi dan tentunya bisa langsung ditangani mengurangi banyak risiko.

  • Fungsi

Apa fungsi leak detector? Seperti dalam pengertian bahwa leak detector memiliki fungsi untuk mendeteksi kebocoran dari suatu alat atau benda. Leak detectormemiliki fungsi yang cukup besar dan memiliki banyak manfaat terutama di jaman sekarang yang serba cepat dan canggih. Alat ini mampu mempersingkat waktu kerja, mendeteksi dengan cepat, dan tentunya memberikan banyak sekali keuntungan. Leak detector selain sebagai pendeteksi kebocoran juga sebagai pengecekan kebocoran suatu alat atau benda yang dimana akan dilihat apakah suatu benda mengalami kebocoran atau tidak.

Dalam hal ini dicontohkan sebuah pipa yang dimana pipa tersebut akan dicek dengan leak detector apakah ada bagian yang bocor atau tidak. Tentu fungsi ini sangat penting untuk menjaga dan meminimalkan terjadinya kebocoran pipa. Dengan adanya pengecekan terlebih dahulu maka risiko kebocoran yang berlanjut atau terlalu lama akan sangat kecil. Selain untuk mendeteksi kebocoran tentu dengan adanya alat ini mampu mengurangi banyak risiko kebocoran yang jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan hal atau sesuatu yang tidak baik terutama bagi lingkungan di sekitar.

Jika dimisalkan sebuah pipa di suatu rumah memiliki kondisi yang dirasa tidak sehat dalam artian terlihat akan mengalami kebocoran dan kualitasnya sudah mulai buruk maka langkah pertama bisa menggunakan leak detector untuk mengecek terlebih dahulu apakah ada yang bocor atau tidak jika ada maka bisa langsung terdeteksi oleh leak detector saat itu juga. Fungsi ini tentu sangat berguna sekali bagi kehidupan rumah tangga yang dimana sering mengalami kebocoran pipa yang tidak terdeteksi sebelumnya. Dengan adanya alat ini maka akan membantu sekali untuk mengecek berbagai kebocoran alat.

Water Leak Detector XLT-30

Fungsi yang terdapat di dalam alat leak detector tentunya sangat berguna bagi berbagai kegiatan baik  dalam kegiatan rumah maupun kerja. Leak detectorbanyak digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan yang biasanya mengarah pada respirasi atau pekerjaan memperbaiki alat contohnya adalah respirasi perbaikan AC. Dalam pekerjaan ini tentunya leak detector sangat dibutuhkan mengingat untuk mendeteksi kebocoran dari sebuah AC mengingat kendala yang paling banyak terjadi dengan AC ialah kebocoran maka dari itu leak detector sangat berguna bagi banyak jasa pekerjaan.

  • Keunggulan

Suatu alat selain memiliki fungsi tentu memiliki keunggulan yang juga berasal dari fungsi alat itu sendiri tak terkecuali adalah leak detector. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa alat ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam berbagai kegiatan dan pekerjaan. Maka dari itu leak detector memiliki beberapa keunggulan yang pertama adalah mengurangi risiko kebocoran berlanjut. Kebocoran berlanjut sendiri merupakan kebocoran yang tidak terdeteksi dan terus terjadi sehingga mengakibatkan banyak hal yang terjadi lainnya. Tentu hal ini tidak baik dan menimbulkan banyak sekali akibat.

Dengan adanya leak detector kebocoran berlanjut akan bisa diminimalkan dan itulah salah satu keunggulan dari alat ini. Untuk keunggulan yang selanjutnya darileak detector adalah mempersingkat waktu. Dalam hal ini lebih ditujukan untuk suatu pekerjaan yang berhubungan dengan perbaikan alat atau barang seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya yaitu perbaikan AC. Dengan adanya alat deteksi kebocoran ini maka akan mempersingkat waktu kerja dan pekerjaan yang dimana dengan alat ini bisa langsung mendeteksi kebocoran. Bisa dibayangkan jika tidak ada alat ini maka pekerjaan akan sedikit memakan banyak waktu.

Keunggulan selanjutnya dari leak detector adalah mempermudah pekerjaan. Keunggulan ini juga lebih mengarah pada segi pekerjaan. Dengan adanya leak detector maka pekerjaan akan makin mudah dan tidak membutuhkan banyak sekali cara-cara yang tergolong rumit. Hanya dengan alat ini maka pekerjaan bisa dengan mudah dikerjakan dan diselesaikan. Jika sebelum ada leak detector untuk mendeteksi alat atau benda yang bocor harus dengan metode yang tidak praktis dan rumit namun setelah ada alat ini suatu pekerjaan menjadi lebih mudah, praktis dan hasilnya maksimal.

Leak detector mempermudah suatu pekerjaan yang artinya penggunaannya pun juga mudah. Alat ini tergolong dalam alat yang mudah untuk dioperasikan dan digunakan maka dari tak sedikit orang yang memiliki alat yang satu ini. Tentunya banyak keunggulan dari alat yang satu ini mulai dari meminimalkan kebocoran, mempersingkat waktu, mempermudah pekerjaan yang semuanya tentu bisa didapatkan jika penggunaannya pun benar dan sesuai dengan kebutuhan. Leak detector sebagai alat pendeteksi kebocoran tentu memiliki fungsi dan keunggulan yang sangat bermanfaat bagi banyak hal.

Water Leak Detector

  • Leak Detector dan Lingkungan

Apa maksud dari leak detector dan lingkungan? Maksudnya adalah leak detector memiliki hubungan secara tidak langsung dengan kondisi lingkungan. Tentu hal ini tidak akan terpikirkan sebelumnya namun di sini akan dijelaskan bahwa alat pendeteksi kebocoran juga mempunyai peran dalam meminimalkan kerusakan lingkungan bukan hanya meminimalkan kebocoran alat. Jadi yang akan dijelaskan disini adalah tentang suatu alat contohnya AC yang jika freon AC terbuka atau mengalami kebocoran maka akan sangat berbahaya bagi lingkungan yang tidak banyak disadari oleh orang-orang.

Freon AC yang bocor dapat membahayakan banyak hal, yang pertama untuk suatu ruangan yang terdapat AC bocor maka freon akan menyebar ke seluruh ruangan tersebut dan menyebarkan zat-zat berbahaya yang biasanya tidak dihiraukan oleh orang-orang karena freon sendiri tidak memiliki bau. Bahaya selanjutnya adalah freon yang tersebar bebas akan menambah risiko terjadinya global warming karena freon yang keluar akan membuat lapisan ozon menipis walaupun persentasenya kecil namun jika hal ini terjadi terus menerus tidak baik bagi lingkungan luas dan tentu berbahaya.

Maka dari itu dengan adanya leak detector, risiko adanya AC bocor bisa diminimalkan dengan sangat mudah dan praktis. Tentunya hal ini bermanfaat bagi kesehatan dan juga kondisi lingkungan khususnya untuk jangka panjang. Dengan adanya leak detector AC bisa dideteksi apakah mengalami kebocoran atau jika mengalami kebocoran maka bisa langsung di perbaiki dan tentunya hal sekecil ini sangat bermanfaat bagi masa depan. Tentu hubungan yang secara tidak langsung dari adanya leak detector dan lingkungan yang dimana dapat meminimalkan kerusakan lingkungan.