Hubungi Customer Service Kami Di +62 (022)-8752-3567

Pengertian Fitting dalam Aksesoris Pipa

Pengertian fitting dalam pekerjaan pemipaan adalah sebuah bagian dari instalasi pemipaan yang berfungsi sebagai penyambung antar pipa dan sebagai bagian akhir pemipaan / outlet fitting. Banyak jenis fitting yang harus kita kenal dalam instalasi.

Dalam sistem perpipaan, tentu saja memiliki berbagai macam istilah. Salah satunya adalah fitting dalam aksesoris perpipaan. Istilah fitting tidak hanya ada dalam sistem perpipaan, tetapi disini kita akan membahas tentang fitting pipa.

Fitting pipa atau sambung pipa merupakan bagian penting dalam sistem perpipaan. Fitting pipa merupakan salah satu jenis aksesoris yang sering digunakan dalam proses instalasi. Seperti halnya pipa, fitting pipa pun memiliki perbedaan bentuk, ukuran dan karakter. Tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mari kita mengenal jenis-jenis aksesoris fitting dan fungsinya untuk sistem perpipaan.

Ada berbagai jenis fitting dari berbagai bahan, fitting yang umum dipakai misalnya: Elbow, Tee, Wye (wyes), Cross (crosses), Coupling, Union, Fitting kompresi (compression fitting), Caps, Plugs, dan Valve.

  • Elbow

Adalah untuk mengubah arah pipa. Dalam praktek pemipaan sering ditemui perubahan arah pipa dan itu hal yang lazim dalam sebuah instalasi, umumnya elbow tersedia dengan ukuran sudut 45 dan 90 derajat, meskipun bias di dapatkan ukuran lainnya.

Untuk elbow jenis PVC koneksi menggunakan lem dan tidak jarang juga kita jumpai dengan sistem ulir / drat. Sementara untuk elbow jenis besi maupun galvanis koneksi umumnya menggunakan sistem ulir / drat dan las.

  • Tee, Wye dan Cross

Tee , wye maupun cross fungsi utamanya adalah menggabungkan beberapa jalur pipa ke arah satu pipa atau sebaliknya dari satu pipa ke beberapa pipa pembagi. Tee maupun wye memiliki satu input dan dua output (atau sebaliknya), terbagi dengan sudut 90 maupun 45 derajat.

Perbedaan antara tipe tee dan wye adalah pada tekstur sudutnya, pada wye di terapkan arah aliran yang di harapkan sesuai aliran instalasi dan menggunakan tekstur langsam, sementara tipe tee dengan sudut tegas 90 derajat maupun 45 derajat pada sudutnya.

Sementara itu jenis cross memiliki satu input dan tiga output (atau sebaliknya) yang berpotongan dengan sudut 90 derajat.

  • Coupling dan Union

Coupling dan union tersedia dalam berbagai ukuran tergantung desain instalasi yang akan di kerjakan. Fungsi utamanya hanya untuk menyambungkan dua pipa atau tubing. Desain untuk coupling dan union biasanya di buat pendek.

Perbedaan antara coupling dan union adalah: kopling dirancang untuk sebuah koneksi instalasi pipa semi permanen dengan sambungan pengelasan di tempat, sebagian juga dengan penyambungan dengan mur baut , sementara union dirancang untuk penyambungan yang mudah di lepas setiap saat.

  • Caps dan Plugs

Pada kedua komponen material ini pada dasarnya berfungsi sama namun dengan cara atau metode berbeda. Caps adalah sebagai penutup ujung pipa penuh (menjadi buntu) sedangkan plugs adalah menutup ujung pipa tetapi di pasang sejenis stopper pada ujungnya.

  • Fitting Kompresi

Pada fitting kompresi terdapat bagian: bodi, nut, dan gasket ring ( ferule). Dengan menggunakan tekanan untuk memperkuat koneksi sehingga mencegah kebocoran. Fitting ini banyak di gunakan dalam bidang industri maupun perumahan.

  • Socket

Kegunaan dari aksesoris ini adalah untuk menyambung pipa, bertujuan untuk memperpanjang pipa dengan cara menyambung lurus satu pipa dengan pipa yang lain. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang sama, dengan ulir (drat) yang berada dibagian dalam. Jenis socket sebenarnya masih banyak lagi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan customer seperti socket ulir (drat) luar, socket ulir (drat) dalam dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Reducer

Reducer biasanya digunakan untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang berbeda. Reducer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Reducer Elbow berfungsi untuk membelokkan aliran dan Reducer Socket berfungsi untuk memperpanjang pipa, dengan sambungan pipa lurus.

  • Flange

Flange merupakan mekanik yang mempunyai fungsi untuk menyambungkan 2 pipa yang masing-masing memiliki flange juga. Flange dikombinasikan dengan mur dan baut, tanpa 2 benda ini flange tidak dapat digunakan. Jumlah mur dan baut yang digunakan pada flange tergantung dari jenis flange itu sendiri. Jenis flange juga ada bermacam-macam, begitu juga dengan bahan dari flange, ada yang terbuat dari plastik, HDPE bahkan besi.

Sebuah pertimbangan dalam sebuah pekerjaan pemipaan adalah pemilihan bahan fitting yang di butuhkan dan ukuran tentunya. Contoh bahan fitting misalnya adalah PVC, tembaga, baja, kuningan, galvanis dan lain lain .

Cara Memesan Accessories & Fitting melalui Tender Online di CV. Total Dimensi

Jika perusahaan Anda membutuhkan produk dalam jumlah besar, Anda bisa langsung melakukan tender online pengadaan barang terbaik melalui Website kami. Dengan menggunakan fitur permintaan telepon ke no telepon kami atau juga bisa melalui whatsapp. Dengan tender online, kamu bisa lebih mudah mendapatkan penawaran barang dengan harga murah sesuai dengan kebutuhan tanpa harus berlama-lama mengirimkan permintaan beli secara konvensional ke banyak supplier dan distributor yang belum tentu sesuai dengan barang yang Anda butuhkan.

Hubungi Customer Service Kami Di +62 (022)-8752-3567

Hubungi Customer Service Kami Di +62 (022)-8752-3567