Hubungi Customer Service Kami Di +62 (022)-8752-3567

Flow Meter Limbah Cold Water or Hot Water | Meteran Air

Ultrasonic Flowmeter / Alat Pengukur Laju Aliran Air

Flow Meter Limbah Cold Water or Hot Water | Meteran Air

Flow meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur laju aliran atau jumlah cairan atau gas yang mengalir melalui saluran pipa. Ultrasonic Flowmeter Ini memiliki banyak jenis, dan ini termasuk mekanik, seperti piston rotary dan meter gear; meter berbasis tekanan seperti ventura dan meter kerucut; dan meter aliran optik. Salah satu jenis yang umum digunakan adalah flowmeter ultrasonik. Jenis tersebut dapat digunakan dalam membangun layanan untuk memantau aliran utilitas seperti air, atau dalam penambangan untuk mengukur aliran pelumas, air dan lumpur atau lumpur yang digunakan dalam proses penambangan.

Faktor pertama yang harus dipertimbangkan ketika memilih pengukur aliran ultrasonik adalah jenis pengukur yang akan digunakan, dan bagaimana laju aliran akan diukur. Pada dasarnya ada dua jenis yang berbeda, yang pertama adalah jenis waktu transit. Waktu transit mengukur laju aliran dengan menentukan perbedaan waktu transit pulsa ultrasonik yang ditransmisikan ke dalam dan terhadap aliran zat yang sedang diukur. Jenis ini memiliki akurasi yang sangat tinggi dan lebih baik dalam mengukur laju aliran zat dengan sedikit puing, seperti air, air laut, air limbah dan minyak.

Flowmeter standar menggunakan float atau paddlewheel untuk mengukur aliran. Untuk bekerja, fluida dilewatkan melalui flowmeter yang memutar roda paddlewel atau mendorong pelampung. Untuk pemasangan, Anda memotong pipa untuk memasang flowmeter atau Anda memiliki cabang untuk menggunakan flowmeter floater.

Flowmeter ultrasonik berbeda. Flowmeter ini akan bekerja dengan cairan penghasil suara apa pun. Pengukur aliran ultrasonik ditempatkan di dekat aplikasi dan dua “transduser” clamp-on ditempatkan di kedua sisi pipa. Untuk mendeteksi aliran melalui pipa, flowmeters ultrasonik menggunakan gelombang akustik atau getaran frekuensi. Tergantung pada desainnya, ada dua cara untuk mengukur aliran, baik Doppler atau Time-transit.

Metode Doppler mengirimkan sinyal dan mengukur perubahan frekuensi dari satu sensor ke yang berikutnya kemudian menggunakan rumus matematika yang dikonversi menjadi laju aliran digital.

Dengan Time-transit, transduser menghasilkan gelombang suara yang memantul di dalam pipa. Flowmeter ultrasonik mengukur waktu yang dibutuhkan untuk gelombang suara untuk kembali.

Apa manfaat dari flowmeter ultrasonik?

Tidak ada bagian yang bergerak dan lebih sedikit peluang macet. Tidak ada roda dayung mengapung untuk istirahat dan mengganti. Tidak ada bahan yang dibasahi, tidak ada yang menyentuh cairan yang diukurnya. Ultra Sonic Flowmeters bekerja dengan cairan bersih dan kotor. Karena flowmeter mengukur dengan frekuensi suara, cairan dapat memiliki padatan dan tetap menjaga ukuran aliran yang akurat. Flowmeter ultasonik paling cocok untuk cairan yang mudah rusak yang menggerogoti plastik. Misalnya air limbah, lumpur dan minuman, di mana flowmeter standar tidak dapat memotongnya dan pilihan menggunakan flow meter ultrasonik adalah pilihan yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *